Berbagai Kegiatan Digelar di Festival Hutan Terakhir

DIPALU.COM – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sulteng untuk yang pertama kalinya mengadakan Festival Hutan Terakhir. Tak sedikit rangkaian kegiatan yang digelar di dalamnya.

Koordinator Kegiatan, Rafli Putra mengatakan ada berbagai rangkaian kegiatan baik di pra festival atau pun di malam puncak Festival Hutan Terakhir yang dilaksanakan.

“Pada pra festival sebelumnya, kami mengadakan buka lapak baca bersama teman-teman Media Literasi Anak Negeri (MLAN) di lapangan Vatulemo dan diskusi bersama komunitas,” ujarnya, Senin (30/10/2017).

Sedangkan pada malam puncak, katanya diadakan stan-stan pameran dari Wilayah Kelola Rakyat (WKR) dan komunitas, Live Mural,  serta penampilan dari band-band lokal dan para pekerja seni kota Palu.

Ia mengatakan kegiatan ini mau menghilangkan mindset masyarakat bahwa festival itu hanya seremoni konser. Akan tetapi, katanya melalui festival ini selain dapat hiburan dari penampilan band atau pekerja seni, ada pula edukasi yang didapatkan.

“Kami punya desain lain bagi mereka yang tampil. Ketika mereka tampil, kita bebaskan mereka. Silahkan berkarya sesuai jalurmu dan silahkan ekspresikan kepedulianmu terhadap lingkungan melalui karyamu,” katanya.

Ia berharap Festival Hutan Terakhir menjadi stimulus kepada generasi muda untuk menjaga dan peduli terhadap lingkungan khususnya hutan. Karena, katanya kalau bukan kita siapa lagi.

“Di acara ini kita mau ingatkan, kalau kondisi, kebiasaan, dan kepedulian kita kurang, maka akan tersisa hutan terakhir. Semoga ini menjadi rutinitas,” tambahnya. (IIM)