BNPT dan FKPT Sulteng Gelar Literasi Media

DIPALU.COM – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) menggelar literasi media pada Kamis (2/11/2017) di Hotel SwissBel, jalan Silae kota Palu.

Kegiatan yang bertajuk “Literasi Media sebagai Upaya Cegah dan Tangkal Radikalisme dan Terorisme di Masyarakat melalui FKPT Sulawesi Tengah” ini menghadirkan Praktisi Media Komunikasi Massa, Tafsir Siara, anggota Dewan Pers, Jimmy Silalahi, dan beberapa narasumber lainnya.

Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri beberapa perusahaan media baik cetak, online, ataupun media elektronik yang berjumlah kurang lebih 50 peserta.

Dalam pemaparan materinya, Tafsir Siara mengatakan perlunya media bekerja secara professional. Karena jika tidak, katanya publik akan mencari media alternatif lain yakni media sosial.

“Pada akhirnya yang tidak akurat lebih viral,” ujar praktisi tersebut.

Sementara itu, Anggota Dewan Pers, Jimmy Silalahi mengatakan ada perbedaan antara informasi dan media. Kalau informasi, katanya potongan pesan awal yang disampaikan seseorang dan diterima oleh seseorang atau institusi media.

“Sedangkan berita adalah kumpulan informasi media yang disampaikan kepada publik yang telah dicek kebenarannya dan diverifikasi oleh wartawan,” katanya.

Pada kesempatan itu pula diadakan penandatanganan nota kesepahaman antar FKPT Sulteng dan beberapa media di kota Palu. Serta adanya Deklarasi Anti Hoaks yang dipimpin langsung oleh ketua FKPT Sulteng. (IIM)