Dinas Perdagangan dan Perindustrian Hadirkan UKM Binaannya di FPPN

DIPALU.COM – Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) membuka peluang bagi para pengusaha Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk memperkenalkan produk kerajinan masyarakat kota Palu.

Dr. Farid R Yotolemba, M Si dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian mengatakan, UKM binaan dicetuskan oleh Walikota Palu, Hidayat dengan program Kelurahan Inovasi yang terfokus pada 10 komoditi.

“Ada 10 produk komoditi yang tersebar di 18 Kelurahan dengan 22 kelompok,” ujarnya, Sabtu (23/9/2017).

Adapun produk dari UKM tersebut, katanya seperti pakan ternak, batu alam, kerajinan daun silar, kerajinan rotan, kerajinan bambu, Buya Bomba, alat musik bambu, olahan limbah anorganik, kerajinan limbah kelapa, dan lainnya.

Lanjutnya, dari 10 komoditi menghasilkan berbagai macam kerajinan dari masing-masingnya. Semisal, katanya untuk kerajinan rotan bisa menghasilkan lampion, kursi, vas bunga dan lainnya. Sementara untuk kerajinan daun silar bisa menghasilkan bingkai foto, binder, sendal, tas dan masih banyak lagi.

Menurutnya kerajinan ini juga dilihat dari Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di kelurahan masing-masing.

“UKM binaan tersebut baru berjalan di tahun 2017 dan baru pertama kali mengikuti kegiatan pameran diajang event-event seperti saat ini,” lanjutnya.

Untuk saat ini, katanya hasil kerajinan belum memiliki galeri tersendiri, namun kedepannya Walikota akan menginstruksikan agar di bagian pinggir pantai bisa dibangunkan galeri hasil karya para pengrajin. (MM)