Green Generation, Wujudkan Generasi Pelajar Peduli Lingkungan

DIPALU.COM – Berada di lingkungan yang bersih dan hijau menjadi impian banyak orang. Sehingga tak sedikit wadah ataupun komunitas yang berdiri khusus memedulikan hal tersebut.

Salah satu komunitas di Sulawesi Tengah khususnya kota Palu yang bergerak di bidang peduli lingkungan yakni Green Generation (GG) Sulawesi Tengah.

Komunitas yang berdiri sejak 22 Agustus 2009 di Balikpapan, Kalimantan Timur ini merupakan salah satu Non Government Organization (NGO) dan Non Profit Organization (NPO).

Menurut Ketua GG Sulteng, Adam Haidar mengatakan komunitas yang dipimpinnya tersebut pertama kali didirikan di SMP Negeri 3 Balikpapan yang dulunya masih menjadi GG Sekolah.

Sampai 2013 lalu, katanya GG sekolah tersebut menjadi GG Indonesia dan sampai saat ini sudah berkembang hampir 34 provinsi di Indonesia.

Ia mengatakan pada dasarnya GG sama seperti organisasi lingkungan hidup lainnya. Namun, katanya di GG yang menjadi elemen utamanya yakni mewujudkan generasi pelajar yang peduli dan berbudaya lingkungan.

“Nah, untuk organisasi-organisasi lingkungan lainnya memiliki orientasinya mungkin ke mahasiswa, pelajar ataupun campuran random masyarakat. Tapi dari kami mulainya adalah akar rumputnya yaitu dari pelajar,” ujarnya kepada DIPALU.COM

Ia menjelaskan, pelajar memiliki akses yang begitu mudah dan memiliki semangat yang sangat tinggi untuk bisa menciptakan satu generasi yang peduli dan berbudaya lingkungan.

 

Menurutnya keterlibatan pelajar terhadap lingkungan saat ini sangat berpengaruh dari 2009 hingga 2017. Walaupun, katanya program di setiap daerah berbeda-beda karena menyesuaikan dengan kondisi daerahnya.

Ia mengatakan GG bukan merupakan organisasi di bawah pemerintahan, tapi bekerja sama dengan pemerintah untuk mewujudkan satu kota atau kabupaten yang peduli terhadap lingkungan.

“Sehingga beberapa kota atau kabupaten yang telah mendirikan GG, bisa membantu untuk mendapatkan Adipura dan beberapa sekolah bisa terbantu untuk memperoleh Adiwiyata,” lanjutnya.

Keanggotaan GG, katanya terdiri dari pelajar kelas 1 SMP hingga kelas 3 SMA. Untuk di Sulawesi Tengah beberapa sekolah yang berhasil dihimpun yakni SMAN 1 Palu, SMAN 2 Palu, SMAN 3 Palu, SMAN Model Terpadu Madani Palu, SMA Al-Azhar Palu, dan SMKN 1 Banawa, Donggala.

Beberapa program komunitas ini antara lain melakukan Bersih-bersih Anjungan saat momen Hari Sampah Nasional, berpartisipasi dalam peringatan Hari Ozon dan 3G.

Ia berharap semoga kedepannya GG Sulteng bisa lebih baik lagi dan menjadi organisasi atau komunitas percontohan di kota Palu serta semakin dikenal masyarakat. (IIM)