Ini Alasan Jalan-jalan Sore di Tugu Perdamaian

DIPALU.COM – Waktu sore hari, menjadi pilihan banyak orang untuk sekedar jalan-jalan melepas penat atas aktivitas seharian. Mulai dari ibu rumah tangga, mahasiswa, bahkan pegawai kantoran pun tak jarang melakukannya.

Tugu Perdamaian menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi pada waktu sore. Objek wisata yang terletak di kelurahan Tondo, kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah ini berada pada 2 km dari belakang Markas Komando (Mako) Polda Sulteng.

Karena berada di atas bukit, untuk menuju ke tugu tersebut dapat melalui jalan Soekarno-Hatta Palu, lalu jalan mendaki yang memakan waktu sekitar 10 menit menggunakan kendaraan. Dengan biaya masuk Rp 5 ribu saja kita sudah bisa berswafoto dengan background Teluk Palu yang tampak indah dari ketinggian.

Menurut mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) Palu, Mohammad Syakur mengatakan Tugu Perdamaian sangat bagus karena memang tempatnya pas dan strategis dari kota Palu. “Apalagi dengan adanya gong perdamaian, bisa menambah sektor pariwisata yang ada di kota Palu,” ujarnya kepada DIPALU.COM.

Ia berharap dengan adanya tugu yang diresmikan pada 11 Maret 2014 oleh Kapolda Sulteng Brigadir Dewa Parsana ini, Kota Palu lebih dikenal lagi di mata nusantara bahkan dunia.

Lain halnya Syakur, Ibnu Ardiansyah selaku warga perumahan Lasoani Indah ini mengaku sering berkunjung ke tugu tersebut. Ia mengatakan selain tempatnya bagus, biaya masuk lokasinya pun terjangkau ditambah lagi spot-spot untuk berfoto sangat banyak.

“Saya berharap kalau bisa akses jalan mendaki menuju tugu diperbagus lagi,” katanya.

Sementara itu, Dewi Candra sebagai ibu rumah tangga mengatakan Tugu Perdamaian ini juga sangat bagus untuk diambil makna nilai-nilai dari berdirinya. Karena, katanya tempat ini tergambarkan kerukunan umat beragama maupun keragaman suku yang ada di Indonesia terutama kota Palu.

“Dari sini juga kita dapat melihat kota Palu yang indah dan ini kali pertama saya ke tempat ini. Memang terbukti di sini sangat indah,” katanya.

Ia berharap agar Tugu Perdamaian ini bisa menjadi objek wisata yang paling baik di Kota Palu. sehingga, katanya akan banyak orang asing maupun masyarakat luar kota Palu akan berdatangan. (RAN/IIM)