Kampung Kaili, Destinasi Baru untuk Akhir Pekan

DIPALU.COM – Sudah punya rencana berakhir pekan kemana kali ini? Kalau belum, kini kota Palu memiliki salah satu tempat destinasi baru yang sangat cocok untuk berakhir pekan, yakni bernama Kampung Kaili.

Kampung Kaili berada di samping jembatan IV kota Palu. Di dalamnya terdapat Sou yang biasa dikenal dengan pondok-pondok terbuat dari bambu, atap rumbia, dan rotan sebagai pengikat pada bagian-bagiannya.

Menurut Lukman masyarakat pribumi kelurahan Balaroa mengatakan Sou yang dibangun tersebut menggambarkan bangunan masa lalu yang belum menggunakan bahan-bahan seperti semen, pasir, ataupun besi.

Selama Festival Pesona Palu Nomoni, Kampung Kaili menyediakan makanan khas kota Palu, seperti surabe, sayur kelor, dan masih banyak lagi.  Selain itu juga ada obor di sekitar Sou, kelapa yang disusun di depan Sou, serta jagung-jagung dan pisang yang digantung dibagian atasnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini Sou yang ada di Kampung Kaili tersebut berjumlah tak lebih 46 buah yang berasal dari 46 kelurahan di delapan kecamatan yang ada di kota Palu.

Bagi yang ingin menikmati makanan khas Kaili atupun merasakan nuansa perkampungan zaman dulu, bisa mengunjungi tempat tersebut. Makanan yang dipamerkan pun juga mempunyai harga yang bervariasi. (MM)