Lahan Transit Kontainer Disiapkan Pemkot

DIPALU.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu akan menyiapkan lahan yang nantinya menjadi depo transit. Lokasi tersebut nantinya akan menjadi titik pembongkaran kontainer, dimana muatannya akan dialihkan ke armada truk agar bisa masuk dalam kota.

Menutur Kepala Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan Palu, Dharma Gunawan, lahan sebesar 20 hektar telah disiapan di Kelurahan Layana, atau tepatnya di belakang Terminal Mamboro. Hal ini dilakukan sekaitan dengan larangan kontainer masuk dalam kota oleh Pemkot.

Menurutnya, fungsi lahan ini disiapkan untuk jangka panjang yakni persiapan pendukung kawasan ekonomo khusus (KEK) Palu. “Jangka pendeknya ya kami gunakan untuk transit barang dari kontainer,” katanya, Minggu (5/10/2017).

Dikatakan, lokasi ini sangat strategis karena dekat dengan pelabuhan. Ia manargetkan depo transit bisa segera difungsikan. “Pekan ini bisa segera difungsikan. Lokasinya sangat luas untuk bongkar muat,” bebernya.

Lahan transit ini, sesuai dengan permintaan Walikota Palu, Hidayat, yang sebelumnya meminta dinas terkait menyiapkan lahan. Menurutnya, lahan yang tersedia itu tidak akan dikenakan biaya mengingat sepenuhnya adalah milik pemerintah. “Kitakan akan menyiapkan lokasinya, bisa ingin diperindah silahkan mendirikan bangunan untuk keperluan bongkar muat barang,” kata Hidayat. (SSL)