Musim Ombak, Harga Ikan Mahal

DIPALU.COM – Harga ikan laut di Kota Palu beberapa hari terakhir terpantau mahal. Di beberapa pasar tradisional di kota ini, beberapa jenis ikan seperti katombo, kakap, ekor kuning dan kerapu melonjak tajam.

Suplai nelayan yang menurun, menjadi faktor naiknya harga ikan. Menurut sejumlah pedagang, cuaca yang tidak mendukung merupakan penyebab utama, dimana para nelayan enggan melaut karena ombak dan hujan yang sering turun.

“Ikan yang paling banyak dicari, itu yang naik tajam. Hanya beberapa nelayan saja yang berani melaut sehingga suplai berkurang,” ujar Indra, pedagang ikan di Pasar Masomba Palu.

Ia mengatakan, ikan yang dijual di Palu umumnya didatangkan dari Donggala, Parigi dan Tolitoli. “Ikan batu kebanyakan dari luar Palu. Jadi kalau suplai kurang, harga bisa melonjak tajam” bebernya.

Iin, penjual ikan lainnya, mengaku jika berbagai jenis ikan naik dua kali lipat dari harga normal. Ia mencontohkan, ikan cakalang yang sebelumnya Rp10ribu untuk tiga ekor ukuran sedang, naik menjadi Rp20ribu. “Rata-rata naik. Kecuali bandeng dengan mujair tidak berubah,” tandasnya. (SSL)