Ngaku Suka Anime, Gabung di ALPA Yuk

DIPALU.COM – Anime atau animasi khas Jepang, memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecintanya. Mulai dari komik, game, bahkan filmnya pun banyak dikoleksi anak-anak muda di Indonesia.

Dari hal tersebut, satu persatu komunitas anime mulai bermunculan tak terkecuali kota Palu. Salah satu komunitas di Bumi Tadulako yang mewadahi para “penggila” anime adalah Anime Lovers Palu atau yang disingkat ALPA.

“Anime Lovers Palu itu tempat berkumpulnya pecinta anime, hobi budaya je-Jepangan bahkan entertainment Jepang juga. Tapi kita fokus ke anime Jepangnya,” ujar Ketua ALPA, Agus saat ditemui DIPALU.COM belum lama ini.

Selain itu, katanya ALPA juga mewadahi anak-anak muda yang punya hobi menggambar animasi bahkan yang suka dengan kostum-kostum anime dan ingin belajar membuatnya.

Ia mengatakan komunitas yang berdiri sejak 29 Agustus 2012 tersebut memiliki beberapa divisi diantaranya divisi menggambar, cosplay atau kostum anime, Event Organizer (EO), public speaking, dan public relation. Jadi, katanya anak-anak muda bisa gabung bermain dan belajar di sini.

Ia mengaku alasan dibentuknya komunitas ini yakni karena terinspirasi di kota-kota luar. Menurutnya kota mereka berwarna karena banyak komunitas. Selain itu juga ingin membuat anak muda kota Palu terhindar dari kegiatan-kegiatan yang tidak diinginkan.

“Di komunitas ini juga kegiatannya positif. Sejauh ini kita mengadakan kegiatan-kegiatan juga tidak pernah melibatkan sponsor-sponsor seperti rokok dan lain sebagainya yang berbau dewasa,” ungkapnya.

Menurutnya siapapun boleh bergabung di ALPA mulai dari anak-anak SMP, SMA, mahasiswa, bahkan yang sudah kerja pun boleh. Untuk saat ini, katanya ada sekitar 2.000 member yang tergabung di grup Facebook dan Instagram. Namun yang aktif sekitar 50an orang.

Selain rutin mengadakan festival tiap tahunnya, ALPA juga sering ikut serta dalam event-event di kota Palu dengan menampilkan cosplay atau mengenakan pakaian dan kostum layaknya anime pada film animasi Jepang.

“Kami juga sering terlibat langsung dalam event-event yang digelar di kota Palu dengan inisiatif sendiri walaupun tidak diundang,” katanya.

Ia menambahkan, untuk saat ini ALPA telah memiliki sekretariat di jalan Dr. Soeharso Palu. (IIM)