Pedagang Nakal Akan Ditindak

DIPALU.COM – Sikap tegas Pemerintah Kota Palu terhadap para pedagang liar yang berjualan bukan pada tempatnya akan terus digalakkan. Menurut Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Palu, Amiruddin, menegaskan bahwa pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin agar pasar resmi yang telah dibangun pemerintah digunakan para pedagang.

“Harus berjualan di dalam pasar, bukan di pinggir jalan,” tegasnya, Jumat (27/10/2017).

Ia mengakui, saat ini masih banyak pedagang yang berjualan di pinggir jalan sehingga sering menimbulkan kemacetan. Pihaknya juga sudah beberapa kali menindak bersama Polisi Pamong Praja, namun tetap saja ada oknum pedagang yang nakal.

“Pedagang diharapkan mematuhi, kalau tidak kami tertibkan,” katanya.

Salah satu lokasi yang ramai dengan pedagang ‘liar’ adalah Kelurahan Talise. Padahal, pemerintah sudah membangun Pasar Talise.

“Pedagang sayur banyak di Jalan Tombolotutu. Ini sudah sering ditertibkan Pol PP namun tetap saja bermunculan,” ujar Lurah Talise, Sarlin.

Kondisi ini kata dia, mengakibatkan Pasar Talise sebagai lokasi jual-beli resmi menjadi sepi. Padahal, di pasar ini sudah disediakan lapak yang mumpuni bagi pedagang. “Kami tetap berharap ada kesadaran dari pedagang ikut berjualan di pasar resmi,” tandasnya. (SSL)