SBUAI, Persembahan Dari Timur Indonesia

DIPALU.COM – Berawal dari sebuah mimpi yang sederhana, Teguh Purwanto seorang mahasiswa tingkat akhir di jurusan biologi Universitas Tadulako Palu, menggagas sebuah komunitas yang diberi nama Satu Buku Untuk Anak Indonesia (SBUAI). Komunitas ini, merupakan salah satu persembahan dari Timur Indonesia.

Teguh, yang juga merupakan putra batik Kota Palu 2013 dan Duta Bahasa 2016 ini, memang sudah lama ingin membantu dan memajukan pendidikan di Indonesia, utamanya ke pelosok daerah. Hingga pada akhirnya, ia bertemu dengan salah satu komunitas yang memberinya pelajaran berharga.

“Saat itu saya mengikuti pelatihan relawan di komunitas mosikola, dan saya termotivasi dari ucapan seorang pemateri, bahwa tiga hal dalam dunia relawan yang tidak bisa kita hitung-hitung adalah waktu dan tenaga” terangnya, rabu (17/5/2017).

Berbekal motivasi itulah, teguh semakin giat mengikuti aktivitas dari komunitas yang digelutinya tersebut, dan belajar bagaimana merangkul teman-teman, hingga akhirnya turut membuat komunitas sendiri.

“Pada dasarnya ingin membentuk wadah yang membantu pendidikan. Tapi didalamnya tetap ada hal-hal yang ingin kita ajarkan, seperti mengajar dan berbagi, khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu” ungkapnya.

Komunitas SBUAI yang berdiri pada 12 November 2015 ini, telah mendonasikan 17 ribu buku kepada anak-anak di beberapa daerah di indonesia, khususnya Sulawesi Tengah. Bukan hanya itu. Komunitas ini juga memiliki cabang di Palembang, dan berencana akan membukanya lagi di Manado.

“Kesulitannya adalah merangkul orang, apalagi kita kekurangan sukarelawan tenaga pengajar. Tetapi bersyukur kita masih tetap rutin mengajar setiap rabu di SDN 2 Sindue dan juga berkolaborasi dengan komunitas lain” tutur teguh.

Ia berharap, agar komunitas ini semakin bermanfaat untuk pendidikan indonesia, dan menjadi wadah bagi komunitas lain untuk berbagi, sehingga kedepannya membawa indonesia menjadi lebih baik.

“Sehingga saya mengajak kepada masyarakat yang ingin mendonasikan alat tulisnya, bisa langsung ke posko kami di barber door di pogego, rumah makan ayam bakakak jalan kihajar, atau bisa langsung menghubungi saya” pungkas teguh. (KOM)