SMPN 11 Implementasikan Sabtu Bersih

DIPALU.COM – Intruksi Dinas Pendidikan Kota Palu agar setiap sekolah giat melaksana Sabtu Bersih, ternyata diimplementasikan dengan bagi oleh sejumlah lembaga pendidikan di kota ini.

Salah satu sekolah yang intens melaksanaman Sabtu Bersih adalah SMPN 11 Palu. sekolah ini menjadi hari Sabtu, sebagai hari gotong-royong siswa untuk membersihkan lingkungan sekolah.

Kepala SMPN 11 Palu, Ilman Usman, menuturkan pihaknya mengambil waktu satu jam pertama untuk kerja bhakti. Menurutnya, dalam aksi bersih ini semua unsur sekolah dilibatkan termasuk para guru. “Sebenarnya gerakan bersih sekolah ini sudah kami lakukan jauh hari. Namun sebelumnya kita lakukan di hari Jumat,” ujarnya, Jumat (27/10/2017).

Ia mengaku setuju dengan instruksi Dinas Pendidikan tersebut, karena secara tidak langsung melatih para pelajar untuk hidup bersih dan gotong-royong. “Dengan sendirinya siswa akan diajar budaya menjaga lingkungan sekitarnya tetap bersih,” paparnya.

Di sekolahnya, lanjut Ilman, juga intens melaksanakan eks-school yang digelar di luar jam pelajaran sekolah. Untuk eks-school, pihaknya memberikan pilihan kepada pelahar berdasarkan minat dan bakat yang dimiliki. (SSL)