Turun Tangan Ajak Masyarakat Aksi Bersih Pantai

DIPALU.COM – Komunitas Turun Tangan Palu mengajak masyarakat Palu untuk Aksi Bersih Pantai pada Jumat (20/10/2017) mendatang di Pantai Layana, kecamatan Palu Utara, kota Palu.

Menurut Ketua Turun Tangan Palu, Fadel mengatakan kegiatan yang bertemakan “Ayo Selamatkan Teluk Palu” ini merupakan salah satu program kerja mereka yang bertajuk Palu Berdaya.

“Ini bertujuan untuk memberdayakan dan menggerakkan masyarakat agar peduli terhadap kondisi lingkungan,” ujarnya kepada DIPALU.COM beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan pihaknya sebelumnya telah meninjau langsung ke Pantai Layana. Alhasil, katanya banyak sampah berserakkan, padahal di situ pusat aktivitas nelayan setempat mencari ikan.

“Bahkan ada nelayan yang menceritakan kepada kami bahwa ketika dirinya menjaring ikan bukan ikan yang didapat, tetapi sampah,” ungkapnya.

Maka dari itu, katanya Turun Tangan mengajak semua pihak mau ikut berpartisipasi termasuk komunitas dan lembaga lain untuk sama-sama terlibat turun tangan.

Dalam aksi ini, Turun Tangan sudah koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Palu serta pemerintah kelurahan setempat.

Ia menjelaskan selain aksi bersih akan dirangkaikan dengan Sosialisasi Sadar Sampah dan Pembagian Kartu Asuransi oleh Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Palu.

“Harapan kami bahwa aksi ini menjadi aksi yang edukatif dan menunjukkan kepada publik bahwa masalah lingkungan khususnya sampah menjadi tanggung jawab semua pihak,” harapnya.

Menurutnya masalah seperti itu jangan hanya menunggu pemerintah turun tangan, akan tetapi semua harus mau turun tangan dengan masalah lingkungan kota Palu. (IIM)