UMKM Tiga Daerah Dapat Bantuan

DIPALU.COM – 17 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari tiga daerah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yakni Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Kabupaten Morowali mendapatkan bantuan modal usaha dari Kementerian Koperasi dan UKM. Total bantuan senilai Rp 11-15 juta diberikan kepada pemilik usaha yang dianggap masih baru.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Wilayah (DPW) Himpunan Pimpinan Pendidik Pelatihan Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan Indonesia (HP3KI) Sulteng, Siti Sundari, mengatakan pihaknya sebelumnya melakukan seleksi ketat UMKM mana saja yang berhak menerima bantuan, mengingat banyak masyarakat yang juga mendapatkan bantuan modal.

“Setelah mendapatkan pelaku usaha yang layak, kemudian kami menjembatani mereka agar menerima bantuan dari kementerian,” terang Siti.

Menurutnya, para pelaku usaha yang lulus, diantaranya adalah pembuat kerajinan, industri bawang goreng, ikan roa dan berbagai usaha lainnya. “Dengan bantuan ini kami berharap meringankan pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya,” harapnya.

Dana bantuan modal ini, kata dia, selalu diberikan setiap tahun oleh kementerian. Namun untuk 2017, jumlah lebih sedikit. “Tahun lalu sampai 60 pelaku mendapatkan bantuan,” bebernya.

Setelah mendapatkan bantuan, pelaku usaha wajib membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan dana itu. “Mengingat ini adalah uang negara jadi harus dipertanggungjawabkan dalam bentuk laporan,” jelasnya. (SSL)